SELAMAT JALAN JENMANIKU….

Jenmaniiku HilangSELAMAT JALAN JEMANIKU……

Jenmani… adalah Tanaman hias jenis Anthorium yang tegolong mahal harganya. Karena bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran. Jenmani yang dikenal sebagai tanaman raja dan bangsawan, dengan sosok daun yang kokoh dan kompak serta berpenampilan mewah dan Eksklusif. Oleh karena itu tanaman ini pantas dan layak menyandang gelar SI RAJA DAUN. Sedangkan yang menyandang SI RATU DAUN ADALAH Jenis Aglonema.Oleh karena itu pada awal tahun 2008 Jenmani sangatlah ramai diguncingkan masyarakat dari golongan rendah hingga kalangan atas. Banyak orang mengatakan bahwa kesan pertama yan tertangkap letika melihan Anthurium jenmani ini adalah mewah dan eksklusif.

Dan hal ini, yang menyebabkan saya tertarik untuk mengoleksinya pula. Hingga bermacam jenis tanaman hias yang aku koleksi hingga saat ini walau saat ini sudah jarang sekali masyarakat mengguncingkan atas tanaman itu.
Dari jenis koleksi tanaman itu aku juga punya jenmani yang sudah besar dan sudah bertongkol walau sedang belajar 5 kali tongkolnya.

Pada awalnya saya juga Cuma iseng-2 saja mengkoleksi tanaman biasa yang banyak ada di pasaran / nursery. Namun setiap melihat pameran-pameran tanaman hias selalu ada jenmani dan yang lainnya. Hingga akhirnya aku tertarik juga untuk mengkoleksinya. Namun aku hanya membeli jenis tanaman Anthurium dan Aglonema bibitan saja, selain harganya terjangkau juga sebagai tantangan untuk belajar untuk bisa merawat tanaman yang masih bibit.

Suatu hari aku mengikuti even yang difasilitasi oleh BPPMD Jabar untuk pameran produk unggulan se-Jabar yang diselenggarakan di Semanggi expo. Yang kebetulan adalah UKM Produk saya adalah KERIPIK SINGKONG DARA KEMBAR yang mewakili produk unggulan Dan hanya diambil 6 produk/UKM se Jabar yang diambil. Namun dalam even itu pula ada beberapa stand yang yang memajang atau menngelar tanama hias, dan di situ pula aku melihat tanaman Jenmani, namun harganya sangatlah tinggi hingga 5 Juta keatas. Danaku sempat berfikir… tanama ini kok sama persis dengan tanaman tetangga saya yang ditanam di depan rumah..?? Dan benar juga.. setelah aku pulang, aku lihat tanaman tetanggaku itu ternyata benar. Tanaman itu adalah Jenmani. Waktu itu banyak orang belum tahu dan belum ramai engguncingkan tanaman hias mahal ini. Akhirnya aku beli tanaman tetanggaku itu seharga 200 Rb.dan dikasih ke aku. Pikir tetanggaku itu Cuma tanaman seperti itu kok dibeli seharga itu.makanya dia kasih ke aku.

Waktu itu tanaman itu memang belum begitu besar. Setelah aku pelihara kira-kira 1.5 tahun Jenmani itupun tumbuh besar hingga tinggi daunnya 1.3 meter, lebar daunnya 25 cm, dan tongkolnyapun sudah keluar walau Cuma baru tongkol belajaran hingga 6 kali. Waktu itu pas Jenmani naik daun, pernah juga ada yang menawar 25 juta. Namun karena waktu itu saya masih suka dan juga wajtu itu harga jenmani seukuran itu harganya mencapai 50-100 Juta, maka tidak aku jual.

Dikala jenmani sudah tidak banyak yang menggucingkan harganya jatuh pula aku pingin ngejualnya karena sudah agak bosan, tapi ternyata sudah tidak laku. Akhirnya aku diamkan saja hanya aku sirami saja 3 kai sehari. Dan sudah tidak pernah aku masukkan kedalam rumah. Dan ini pikiran aku karena sudaha berada di atas tingkat. Dan tidak mungkin ada orang yang mau mencurinya. Karena untuk naik tingkat saja mungkin susah apalagi untuk mengambilnya.

Ternyata pikiranku salah. Terbukti karena hari ini kamis 09 januari 2009 jenmaniku yang paling gede dan paling aku sayangi hilang digondol maling. Kejadian itu baru aku ketahui pagi tadi dikala aku mau keluar rumah jam 6 pagi untuk mengantarkan anakku yang pertama panji untuk berangkat sekolah karena ojek yang biasa nganter ternyata tidak bias nganter karena sedang ada perlu.
Pagi itu aku keluar rumah kok ada yang aneh depan rumahku, pot yang ada disamping kok gak ada setelah aku lihat ternyada ada dibawah. Dan lagi pertanyaanku, siapa pagi-pagi begini yang dandan rumah atau masang apa gitu karena ada tangga yang menyender di tembok rumahku. Itu tidak aku perdulikan. Setelah mau berangkat, aku melihat depan rumahku yang atas kok jarring penutup Jenmani terbuka dan jenmaninya tidak kelihatan dari bawah karena biasanya juga terlihat.

Waduh…. Pasti tangga ini buat naik untuk mengambil jenmaniku……????
Dan ternyata benar juga… jenmaniku sudah tidak ada lagi. Kontan juga aku teriak sama istriku jenmaninya dicolong…. Langsung istriku naik untuk melihatnya… bener.. pah….
Kata istriku..

Sebenarnya malam itu jam 2 malam aku belum tidur karena juga habis menemani tetengga yang baru malam itu anaknya perempuannya meninggal dunia setelah melahirkan anaknya premature.di ruah tak berapa lama aku mendengar suara gaduh. Namun tidak aku perhatikan karena sudah biasa mendengar suara itu. Namun malam itu ternyata lain dari yang biasanya ku dengar. Memang biasanya suara itu adalah suara tetanggaku yang bikin kue dan dipukul-pukulin ke lantai. Makanya aku cuek saja. Dan baru pagi harinya baru tahu
Jadi suara semalam yang di depan atas adalah suara orang yang turun dari dinding ke lantai teras atas,dan suara orang mencabut pohon Jenmaniku.Karena setiap orang mencuri Tanaman Anthurium pasti dicabut saja tidak dibawa dengan potnya. Karena mungkin berat atau tidak simple untuk di masukin ke karung atau yang lain. Untungnya Sifat Anthurium dan Aglonema ini tidak apa-apa jika cuma dicabut begitu saja juga karena medianya berasal dari akar pakis yang menjadikan Jenmani ini mudah untuk dicabut berikut juga dengan akarnya.

Mungkin yang mencuri lagi membutuhkan uang banyak untuk keperluannya atau lagi butuh duit untuk makan… atau mungkin memang sudah menjadi pekerjaanya…???

SEMOGA YANG MENCURI JENMANIKU MENDAPAT MAGHFIROH DARI ALLOH SWT. DAN SEMOGA UANGNYA JUGA BERMANFAAT BAGI DIRINYA DAN KELUARGANYA….

SELAMAT JALAN JENMANIKU… SEMOGA KAMU DITANGAN ORANG LAIN BISA LEBIH TERAWAT DARI PADA DI TEMPATKU…