KERIPIK SINGKONG TERKENA DAMPAK GLOBAL

k-super-intert

UKM Keripik Singkong terkena dampak yang Hebat dari bulan Januari “08 yang lalu.

DAMPAK I :

Dampak yang paling berat di rasakan adalah dengan tidak diadakannya Minyak tanah yang beredar di masyarakat. Ini mengakibatkan Produksi Keripik Singkong tersendat bahkan tidak biasa memproduksinya lagi. Karena untuk proses produksi ini digunakan sepenuhnya untuk mensuport apr dari kompor yang paling besar. Karena selama ini belum bisa diKonversi ke bahan bakar yang lain.

Telah dilakukan uji coba dengan BBG, ternyata tidak bisa mensuport api yang besar, lama matengnya, jika matang ternyata tidak rata, artinya sentengah matang. Boros BBG yang menakibatkan borosnya Cost produksi pula. ! buah tabung BBG 23Kg diperlukan untuk menggoreng keripik singkong hanya bertahan 1-1.5 jam. itupun tidak matang. Karena BBg hanya panas biasa, Dan ini mengakibatkan penurunnya jumlah produksi. Dan tentunya Produksi perharinya menurun. lain dengan minyak tanah yang panasnya benar-benar panas/kontinou.

DAMPAK II

Kenaikan BBM sangat berpengaruh dengan aktivitas sehari-2 ini juga berlaku dengan Para UKM. Khususnya UKM keripik singkong, karena kaikan BBM menjadika kenaikan pula dengan semua baha-2 yang digunakan untuk berproduksi. Tentunya Mengakibatkan kenaikan barang jadi keripik singkong hampir 30 %. Dan akibatnya, daya beli masyarakatpun sangat berkurang khususnya market-2 warung atau toko-2 biasa/kecil.

DAMPAK III

Dampak yang dirasakan UKM keripik singkong adalah menurunnya daya beli masyarakat. Artinya daya beli masyarakat untuk makanan ringan keripik singkong sangat menurun di market. Yang semula untuk kunjungan ke toko diperlukan 1-2 minggu untuk 1 Karin isi 20 bks. Sekarang -2 ini diperlukan waktu 4-5 minggu untuk 1karton keripik singkong isi 20 bks. Ini mengakibatkan Oner Stock di gudang tentunya berkaitan dengan pengurangan hari produksi dan jumlah produksi pula, dan pengurangan karyawan yang mencapai 50 %.

DAMPAK -DAMPAK YANG LAIN :

Dengan banyak pesaing dengan merk-2 lain yang lebih murah.

Kenapa Merk lain yang sejenis bungkus dan rasanya bisa menjual lebih murah dengan Keripik Singkong DARA KEMBAR..??

1. Karena mungkin keripik yang lain menggunakan bahan-2 baku yang murah, arti murah adalah dengan mutu yang kurang juga. Karena merek lain tidak mengutamakan mutu. bisa dilahat dari conto minyak goreng yang dipakai oleh keripik singkong yang murah adalah selisihnya hampir Rp. 100.000 Pergirigen isi 17 kg. Dan singkongnyapun berbeda.

Dampak dari dalam /interen yang lain adalah :

  Baru-baru ini sehabis Lebaran ( idul Fitri ) penipuan yang dilakukan sales kami sangat menyakitkan hatiku dan keluarga. Betapa tidak, Sales ini Sudah kami anggap sebagai anak sendiri walau Cuma keponakan dari istri saya ( Suami keponakan istri saya ) RIANDI NURAHMAN namanya, dia berasal dari Bogor tepatnya Leui Wiliang .Dia aku angkat sebagai sales kami setelah dia di keluarkan dari pekerjaannya sebagai sales Oli TOP ONE untuk meneruskan langganan-2 kami yang telah aku bina 10 tahun yang lalu. Awal mula dia bekerja menunjukkkan indikasi yang bagus. Baru 6 Bulan terakhir-2 ini pelanggan kami kok habis, ternyata modal di toko dia sikat habis hingga 60 juta lebih.

     Modus yang dilakukan adalah dengan cara menggelapkan Nota Bon perusahaan untuk di duplikatkan dengan bon asli kami. Dari hasil penipuan , Satu toko bisa menghasilkan uang tipuan rata-2  Rp. 240.000-400.000. Itu kalau Cuma satu toko. Kalau 100, 200, 300 toko kan berabe jadinya…?? Karena jumlah totalnya mencapai 100 juta lebih.Belum dengan sales yang masih ada / tersisa. Karena saya yakin pasti ada hal kecurangan ditoko-2 mereka yang dia kirimi barangnya.

     Jadi dengan kata lain Uang kami yang ada di Toko yang tertera dalam laporan bulan kami

Yang nilainya mncapai 200 Juta lebih hanya tersisa 100 Jutaan. Itu belum dengan yang dilakukan para sales kami yang masih ada.Karena hasil pemasukan uang kami akhir-2 ini hanya 25 jt /bulan  yang semula bisa 75 Juta /bulan.

 

    Dari kejadian -2 tersebut berarti kamipun kembali semula. Artinya harus memulai dari Nol lagi, Bagaimana tidak, Kalau barang dagangan kami mau laku kembali berart harus menitipkan kembali barang dangangan kami lagi di toko yang telah di tagihin sales sendiri tersebut. Tentunya dengan bermodal lagi di toko-2 tersebut. Itulah kendala kami saat ini yang sudah habis modalnya dengan keadaan kami dan perekonomian indonnesia saat ini.

      Padahal dalam kehidupan sehari-2 saya dan keluarga dalam keadaan biasa-2 saja tidak pernah bermewah-an demi memajukan usaha kami.dalam arti uang tersebut untuk menambah outlate dari sales-2 kami. Namun apa balasan yang kami terima….??? mereka tidak tahu akan hal itu. Yang ternyata mereka dengan seenak hatinya sendiri menggelapkan uang-2 tersebut, sakiii………it rasanya.

      Dalam urusan Agama, karena kebetulan kami muslim. kami merasa tidak kurang-2 untuk beramal dan hal-2 yang lain berkaitan dengan bernayarakatpun kami rasanya tak kurang-2.. Apa yang salah pada diri Aku dan Keluarga…??

 

DARI KEJADIAN-2 DI ATAS, SEMOGA BAGI PARA PENGUNJUNG WEB KAMI BISA MENJADI BAHAN RENUNGAN ATAU TINDAKAN BAGI PARA UKM-2 AGAR TIDAK TERJADI LAGI RIANDI-RIANDI BERIKUTNYA…!!

Dan inilah salah satu foto dari salah satu sang penipu tersebut

riandi-nurahman-22